Posted by : Ramadhoni Pintar Rabu, 05 Juni 2019

Kutipan dan daftar pustaka sangat penting untuj dimasukan kedalam dokumen karya tulis yang kita buat, ini berfungsi untuk menunjukan sumber data yang dikemukakan atau yang ditulisakan pada karya tulis kita tersebut. Namun pada kutipan dan daftar Pustaka ada perbedaan peletakan nya. Kutipan berada pada awal atau akhir kalimat suatu pendapat seseorang yang kita tulis pada karya tulis kita tersebut namun daftar pustaka memiliki temlat khusus peletakanya biasanya pada halaman terakhir pada lembar karya tulis yang kita buat. Dan jika ingin membuat kutipan serta daftar pustaka secara otomatis sebaiknya perhatikan step-step berikut:

A. Membuat Kutipan
1. Letakkan kursor pada akhir atau awal kalimat yang ingin kita tambahkan kutipan

2. Masuk pada menu reference dan pilih insert citation, maka akan muncul tampilan seperti berikut

3. Setelah muncul tampilan seperti diatas anda pilih add ner source mqka tampilan akan otomatis seperti berikut

4. Setelah tampil seperti diatas anda tinggal menuliskan informasi yang perlu dimasukan kedalam kutipan. Baik itu dari buku maupun internet pilihannya sudah tertera pada dialog box tersebut, klik pada show All bibliografi untuk memasukan informasi selebihnya. Tampilanya seperti gambar berikut. 


5. Untuk memudahkan anda dalam penulisan nama yang akan dibuat anda masuk kedalam edit pada penulisan nama (Author)

6. Saat semua informasi yang kita butuhkan sudah dimasukan kedalam dialog box tersebut kita tinggal menekan tombol oke. Dan kutipan akan tertera langsung pada kursor yang telah kita tentukan

7. Jika ingin merubah style atau gaya tampilanya anda perlu memilih pada menu style dan pilih sesuai dengan kebutuhan seperti gambar berikut
Jika anda telah mengikuti semua langkah diatas maka kutipan akan selesai terbuat sesuai dengan kebutuhan.


B. Membuat Daftar Pustaka
Dalam pembuatan daftar Pustaka pada ms. Word langkahnya sama seperti langkah-langkah pembuatan kutipan diatas. Kita hanya perlu memasukan informasi yang diperlukan pada new source dan setelah semua selesai dimasukan klik oke, dan step akhir anda klik pada menu bibliografi seperti gambar di bawah
Dan pilih pada pertama dan kedua. Setelah di klik maka akan muncul dialog box bibliografi dan kita tinggal update semua source yang telah dibuat kedalam box bibliografi tersebut. Dan secara otomatis daftar pustaka akan muncul sesuai dengan informasi yang kita masukan pada source sebelumnya. Untuk mengubah style nya sama langkahnya seperti mengubah style pada kutipan diatas.


Itulah pembahasan kita pada artikel kali ini.semoga bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga:
Mwmbuat daftar isi dengan tabulasi dan table of conten microsoft word



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog
Batman Begins - Diagonal Resize 2

Salam

Popular Post

Blogger templates

Robotic Notes Blogger Template http://www.mediafire.com/file/8g6ucxow3yyze66/Robotic+Notes+Blogger+Template.rar
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Pencarian

Semua Tentang Aplikasi Komputer

Unggulan

Mengenal dan membuat Dropcap, colums, header dan footer, clipart, watermark, page border, smartart, footnote dan coment

Dalam pembuatan suatu dokumen kita pasti membutuhkan fungsi-fungsi seperti yang tertera pada judul, ini membuat kita lebih mudah serta m...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

- Copyright © Fathien Ramadhoni -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -