Posted by : Ramadhoni Pintar
Sabtu, 08 Juni 2019
Mailing list atau sering disebut dengan milist atau yang kita kenal fengan surat masal adalah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft word untuk memudahkan kita dalam membuat banyak surat yang ditujukan dengan isi surat yang sama, berikut adalah langkah-langkah pembuatan milist.
1. Langkah yang pertama adalah kita harus menyiapkan surat yang akan kita buat kedalam milist
2. Setelah surat yang ingin dibuat telah tersedia, kita masuk pada menu mailing
3. Setelah masuk pada menu mailing, kita menuju menu start mail merge
4. Didalam menu start mail merge terdapat menu-menu pilihanya. Dan untuk membuat milis pertama kita pilih menu letters karna kita ingin membuat surat masal
5. Setelah itu pilih menu select recipients dan pilih type new list untuk membuat daftar penerima surat masal yang kita buat. seperti gambar dibawah
6. Saat memilih menu type new list kita akan diarahkan ke kolom perintah untuk memasukan semua informasi yang kita butuhkan. Seperti yang tertera pada gambar berikut.
7. Pilih costumize colums. Maka kita akan diarkan ke dialox box berikut.
8. Setelah disana kita tinggal mengatur apa saja yang akan kita butuhkan dan yang akan kita gunakan, kita hanya perlu menghapus atau menambah apa yang akan kita gunakan disana.
9. Setelah selesai membuat semua yang kita butuhkan dalam list sebelumnya kita akan diarahkan kedalam dialog box pertama dalam pembuatan list penerima. Pilih oke untuk menyimpan database yang sudah kita buat
10. Step terakhir kita hanya perlu memasukan data base yang telah kita buat melalui menu insert merge field, seperti gambar berikut
5. Setelah itu pilih menu select recipients dan pilih type new list untuk membuat daftar penerima surat masal yang kita buat. seperti gambar dibawah
6. Saat memilih menu type new list kita akan diarahkan ke kolom perintah untuk memasukan semua informasi yang kita butuhkan. Seperti yang tertera pada gambar berikut.
7. Pilih costumize colums. Maka kita akan diarkan ke dialox box berikut.
8. Setelah disana kita tinggal mengatur apa saja yang akan kita butuhkan dan yang akan kita gunakan, kita hanya perlu menghapus atau menambah apa yang akan kita gunakan disana.
9. Setelah selesai membuat semua yang kita butuhkan dalam list sebelumnya kita akan diarahkan kedalam dialog box pertama dalam pembuatan list penerima. Pilih oke untuk menyimpan database yang sudah kita buat
10. Step terakhir kita hanya perlu memasukan data base yang telah kita buat melalui menu insert merge field, seperti gambar berikut
11. Pilih saja sesuai data yang akan kita masukan. Dan mailist kita sudah terbuat. Untuk melihat tampilan yang kita masukan kita pilih menu sebagai berikut
12.Saat semua sudah sesuai dengan yang kita inginkan anda bisa langsung mencetak surat-surat tersebut atau ingin disimpan terlebih dahulu.
Demikian pembahasan kita pada artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Tunggu artikel-artikel selanjutnya yaa;)
Baca juga: